12 Penyebab + Solusi Motor Susah Hidup - Untuk hal ini dalam menghidupkan mesin sepeda motor, kita dapat menggunakan fitur kick starter maupun elektrik starter. Untuk fitur demikian elektrik starter, akan memudahkan kita dalam menghidupkan mesin karena cukup menekan satu tombol maka motor akan langsung hidup. Namun, terkadang muncul masalah motor susah distarter. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah demikian..??
Dalam hal ini starter ialah sebuah rangkaian elektrik yang dimana memiliki fungsi memutar poros mesin untuk memicu pembakaran pada mesin. Dan cara kerjanyapun dengan memanfaatkan motor listrik yang dihubungkan ke gigi flywheel. Gejala starter rusak bisa saja dialami oleh motor yang sudah berumur ataupun motor dalam kondisi baru, hal ini dikarenakan kondisi komponen elektrikal itu tidak bisa kita prediksi kerusakannya.
Ciri-ciri starter motor yang mengalami kerusakan diantaranya yaitu:
- Motor starter sering macet saat akan digunakan untuk menghidupkan mesin.
- Baterai/aki sering drop.
- Putaran motor tidak sekencang biasanya.
Yang umumnya, kerusakan starter motor disebabkan oleh rangkaian kelistrikan yang open circuit atau short circuit. Kedua hal ini memang kerap terjadi bukan hanya pada sistem starting tapi sistem lain seperti lampu dan klakson juga kerap mengalami hal ini. Namun kendala motor yang sulit hidup itu bukan hanya disebabkan pada sektor starting system. Ada sektor-sektor lain yang mempengaruhi proses cranking mesin. Lalu apa saja penyebabnya, bisa kita ulas dibawah ini.
Daftar Isi
- 1 12 Penyebab + Solusi Motor Susah Hidup
- 1.1 Belum Menekan Rem Dan Standar Masih Aktif
- 1.2 Tegangan Aki Yang Lemah
- 1.3 Ada Short Voltage Di Sistem Starting
- 1.4 Relay Starter Rusak
- 1.5 Rasio Kompresi Motor Rendah
- 1.6 Tekanan Bahan Bakar Turun
- 1.7 Campuran Bahan Bakar Terlalu Kurus
- 1.8 Tahanan Kabel Busi Melonjak
- 1.9 Bensin Tidak Turun “Karbu Only”
- 1.10 Busi Bermasalah
- 1.11 Bensin Yang Biasa Digunakan Tercampur Dengan Air
- 1.12 Kerenggangan Katup Tidak Tepat
12 Penyebab + Solusi Motor Susah Hidup
Adapun penyebab dan solusi motor susah hidup yang diantaranya yaitu:
Belum Menekan Rem Dan Standar Masih Aktif
Jika kalian memiliki motor matic, dipastikan untuk menghidupkannya kita perlu dengan menekan salah satu tuas rem. Pada beberapa motor, standar juga posisinya harus naik agar starter bisa hidup. Saat motor kalian berjenis matic, langkah awal yakni memastikan kedua komponen ini telah terpenuhi. Jika salah satunya diabaikan pastilah sampai kapapun starter tidak bisa dihidupkan.
Tegangan Aki Yang Lemah
Masalah yang berikutnya bisa menimpa jenis motor apapun. Baik itu matic, bebek, EFI maupun karbu. Akai sendiri merupakan sebuah komponen penyimpan arus listrik yang nantinya akan menyuplai kebutuhan listrik salah satunya saat proses starting. Umumnya baterai motor memiliki tegangan 12 Volt. Jika kurang maka ada gejala aki soak atau low battery. Biasanya untuk tegangan 10-12 volt itu normal tapi dibawah 10 volt masuk kedalam kategori lemah.
Saat tegangan baterai lemah, proses starting akan terhambat. Mengingat motor starter itu perlu listrik berdaya besar karena akan memutar poros engkol dalam keadaan terkompresi. Saat tegangan aki lemah, biasanya ada gejala lain yang mengikuti seperti sistem penerangan yang tidak terang, lampu sein yang kedipnya terlalu cepat sampai klakson yang sember.
Jika hal ini terjadi, gunakan kick starter dan biarkan mesin menyala hingga beberapa menit agar terjadi proses pengisian. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni kiprok. Kiprok yang berfungsi sebagai regulator alternator, berfungsi dalam pengisian daya baterai. Jika komponen ini rusak maka tegangan baterai akan selalu drop.
Ada Short Voltage Di Sistem Starting
Seperti yang telah kita singgung diatas, short cir-cuit atau hubungan singkat arus listrik ialah penyebab utama terjadinya kerusakan starter. Short voltage biasanya terjadi di terminal 30 starter yang posisinya berdekatan dengan logam mesin yang terhubung dengan masa aki. Untuk mendeteksinya biasanya ada bekas terbakar atau hitam pada area tersebut. Selain itu, moto starter juga cenderung akan langsung mati karena fuse atau sekering starter terputus.
Solusinya, kalian perlu menemukan area yang terjadi short cir-cuit. Cara membetulkannya cukup mudah. Tinggal buka dan bersihkan dari kerak atau bekas terbakar yang ada, kemudian pasang kembali dengan posisi yang tidak berdekatan. Kalian bisa menambahkan penyekat untuk memastikan short volatge tidak terjadi.
Relay Starter Rusak
Fungsi relay ialah sebagai pengalir arus utama starter dari baterai yang langsung terhubung ke terminal 30 starter. Relay diibaratkan sebagai jembatan yang langsung menghubungkan arus baterai ke starter, namun jembatan itu diaktifkan oleh kunci kontak. Saat bandig atau relay putus, starter tidak akan bisa hidup. Karena posisi relay diantara sumber arus dengan beban, otomatis arus dari sumber dalam hal ini baterai tidak akan tersalurkan.
Untuk mendeteksi kerusakan bandig, cukup tekan bandig sambil mengaktifkan starter. Jika normal ada ketukan atau minimal getaran saat stater dihidupkan. Tapi jika tidak ada ketukan pada bandig, maka bisa dipastikan komponen ini menjadi rusak. Untuk solusinya mudah, kalian perlu menggantinya saja dengan yang baru. Paling untuk harga komponen ini tidak lebih dari 20 ribuan.
Rasio Kompresi Motor Rendah
Jika masalah kalian yakni susah distart disaat tertentu seperti saat mesin dingin, kemungkinan ada sektor lain selain motor starter yang mengalami kerusakan. Salah satunya dari sisi mesin itu sendiri. Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk meningkatkan homogenitas dan tekanan gas agar mudah terbakar. Umumnya tekanan kompresi mesin bensin berkisar 7-10 : 1. Jika kondisinya kurang dari 7 maka mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin.
Namun mesin biasanya masih bisa hidup setelah kita engkol sampai beberapa kali. Dan ketika suhu mesin masih hangat biasanya mesin juga masih gampang dihidupkan. Dengan kata lain ini hanya terjadi pada saat suhu mesin dingin. Untuk urusan ini, kita tidak bisa main tebak bahwa ini penyebabnya. Perlu pemeriksaan lebih lanjut menggunakan alat compression tester untuk mengetahui berapa tekanan kompresi motor.
Tekanan Bahan Bakar Turun
Pada motor injeksi, pompa bahan bakar merupakan komponen yang tidak kalah penting karena tugasnya untuk membangkitkan tekanan bahan bakar. Kita tahu, bahwa sistem fuel injection memanfaatkan bensin bertekanan untuk disemprotkan lewat injektor. Tanpa tekanan, bensin tidak mampu keluar.
Masalah motor susah start gara-gara tekanan bahan bakar ini disebabkan oleh sebuah komponen bernama relief valve yang terletak pada unit pompa. Fungsi komponen ini yakni untuk menjaga tekanan bahan bakar walau mesin mati. Jika membran pada relief valve lemah, maka komponen ini tidak mampu menjaga tekanan bahan bakar saat mesin mati. Akibatnya diawal start butuh tiga hingga empat kali starting untuk bisa menghidupkan mesin.
Campuran Bahan Bakar Terlalu Kurus
Pada motor karburator, sistem tekanan bahan bakar tidak diperlukan karena prinsip karburator yakni menggunakan perbedaan tekanan didalam venturi dan ruang pelampung. Didalam venturi inilah bensin akan keluar dengan volume tertentu karena tersedot tekanan yang lebih kecil didalam venturi.
Singkatnya jika suplai bensin ke venturi berlebihan atau justru kurang maka akan mempengaruhi kinerja mesin selanjutnya. Pada campuran kurus atau saat suplai bensin kurang maka motor akan sulit hidup karena gas didalam ruang bakar sulit terbakar.
Campuran bisa kurus karena banyak faktor salah satunya setelan bensin yang salah atau ada sumbatan pada nozzle didekat venturi. Untuk menormalkannya kita perlu melakukan penyetelan ulang atau pembersihan komponen. Untuk urusan pembersihan, akan lebih mudah jika kita membongkarnya.
Tahanan Kabel Busi Melonjak
Kabel busi ialah kabel berukuran besar yang menghubungkan coil ke cop busi. Kalian bisa melihat kabel ini tepat pada area busi motor. Karena fungsinya menyalurkan listrik tegangan tinggi dari coil, maka tahanan pada kabel ini juga mempengaruhi tegangan akhir yang masuk ke busi. Ibaratnya kalau ada hambatan besar pada kabel apakah listrik bisa mengalir dengan lancar?? tentu tidak. Inilah yang terjadi ketika tahanan/hambatan kabel busi melonjak, listrik yang masuk ke busi menjadi lebih kecil sehingga api busi juga kecil bahkan mati. Cara mengatasinya ialah dengan mengukur dulu tahanan busi menggunakan ohm meter. Apabila tahanan lebih dari 25 KOhm maka kalian harus menggantinya.
Bensin Tidak Turun “Karbu Only”
Pada sistem bahan bakar konvensional, yang masih menggunakan karburator. Bensin mengalir dari tanki ke karburator dengan memanfaatkan perbedaan ketinggian. Letak tanki yang lebih tinggi akan mendorong bensin mengalir masuk kedalam karbu. Namun ketika motor didiamkan hingga beberapa hari biasanya muncul masalah dimana udara terjebak didalam selang bensin. Karena tidak ada pompa yang menekan bensin, maka udara ini akan menghambat bensin untuk turun ke karburator. Sehingga mesin akan sulit dihidupkan karena bensin tidak turun.
Untuk masalah demikian ini, cukup mudah. Ada hanya perlu melepas selang radiator yang terhubung ke input karburator. Biasanya ini menggunakan klem kawat, setelah terlepas, tunggu hingga bensin mengalir dengan lancar. Setelah itu pasang lagi selangnya dan coba hidupkan motor.
Busi Bermasalah
Terakhir yang menjadi penyebab motor sulit distarter ialah karena api yang keluar dari busi kecil bahkan mati. Ini bisa disebabkan karena sistem pengapian bermasalah atau busi itu sendiri yang bermasalah.
Bensin Yang Biasa Digunakan Tercampur Dengan Air
Hal ini biasanya terjadi pada motor yang telah di modifikasi misalnya memodifikasi karburator pada motornya tidak jarang bahkan ada juga yang menghilangkan bagian filter karburator. Pada filter karburator sangat penting selain gunanya untuk penyaring udara yang kotor dapat juga bisa mencegah adanya air yang masuk ke karburator. Jika hal seperti itu terjadi air yang masuk ke dalam karburator maka itu perlu untuk membuang seluruh bahan bakar yang berada dikarburator motor.
Kerenggangan Katup Tidak Tepat
Mungkin seperti itu jarang sekali terjadi tetapi bisa terjadi kerenggangan pada katup tidak tepat mungkin sudah terlalu lama motor tidak melakukan perawatan. Dan kerenggangan pada katup yang tidak tepat dapat menyebab kan bahan bakar tidak dapat masuk dengan tepat serta membuat motor tidak bisa dihidupkan sama sekali.
Demikianlah pembahasan mengenai 12 Penyebab + Solusi Motor Susah Hidup semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂
[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya” open=”yes” style=”simple”]
- Cara Mudah Mengetahui Kondisi Kompresi Pada Motor
- Cara Termudah Mengatasi Kompresi Yang Hilang “Lihat Disini”
- Ini Loh, Tanda Kompresi Bocor Pada Mesin Motor
- [100% Mudah] Cara Memasang Ring Kompresi Pada Motor Yang Benar
[/su_spoiler]