Ciri Motor Injeksi Rusak - Dalam hal ini pada mesin yang berteknologi EFI atau electronic fuel injector. Injector sendiri memiliki fungsi untuk menyuplai bahan bakar dari tanki secara terhitung secara berkala pada intake manifold. Namun beberapa hal yang bisa menyebabkan motor injeksi rusak, lantas apa saja ciri motor injeksi rusak,, simak pemaparannya berikut ini.
Hal yang pertama yang perlu kalian ketahui yaitu komponen injektor yang hanya berfungsi membuka port saja, dan sementara bensin bisa keluar karena kondisinya bertekanan. Yang sehingga sebelum memastikan kerusakan pada injektor cek terlebih dahulu tekanan bahan bakar bisa menggunakan gasoline fuel tester.
Apabila tekanan normal maka fuel pump dalam keadaan normal juga, maka kita bisa melakukan beberapa langkah perbaikan pada injektor. Sebelumnya ini beberapa ciri motor injeksi yang sudah mengalami kerusakan.
Table of Contents
Ciri Motor Injeksi Rusak
Adapun ciri motor injeksi rusak sebagai berikut:
Kondisi Mesin Sulit Untuk Distart
Gejala awal saat ada kerusakan pada injektor yaitu mesin yang sulit dihidupkan. Gejala ini muncul saat bensin yang disuplai dari injektor itu kurang dari jumlah idealnya sehingga terjadi campuran yang kurus.
Akibatnya mesin sulit dihidupkan saat start dingin khususnya karena bensin tersebut mengendap pada dinding intake manifold. Gejala susah start memang bisa menunjukan banyak masalah, untuk masalah ini pastikan cek kondisi busi. Jika pengapian tidak bermasalah maka penyebabnya ada di sistem bahan bakar.
Pada Mesin Sering Brebet
Kerusakan injektor bisa berupa kemampuan pembukaan injektor yang kurang sehingga hanya sedikit bensin yang bisa disuplai. Saat mesin bekerja tentu saja kondisi bensin yang tidak stabil akan menyebabkan kinerja mesin yang terhambat. Hambatan ini terjadi khususnya saat kita memacu motor di RPM tinggi karena saat mesin berada di RPM tinggi suplai bensin yang diperlukan lebih banyak dari biasanya.
Mesin Sering Mati Secara Mendadak
Saat kondisi injektor semakin parah, imbasnya ada pada solenoid yang kadang membuka dan kadang juga tertutup. Saat solenoid tertutup maka sama saja memutus aliran bahan bakar, sehingga meski awalnya mesin mulus tapi mesin bisa langsung mati secara tiba-tiba. Saat dihidupkan biasanya mesin masih sanggup hidup tapi beberapa saat kemudian mesin akan kembali mati.
Bagian Knalpot Lebih Pekat
Asap knalpot yang baik itu tidak berwarna karena menunjukan pembakaran mesin yang lebih sempurna. Tapi saat injektor jebol atau tidak bisa rapat maka suplai bensin akan terus berlangsung sehingga menyebabkan campuran yang kaya. Sehingga hasilnya motor akan ngebul dengan warna asap hitam yang disertai dengan bau bensin dari knalpot.
Mesin Mogok Dan Tidak Mampu Untuk Dihidupkan
Terakhir jika injektor sudah benar-benar rusak, maka sudah tidak bisa lagi mengeluarkan bensin, sehingga saat mesin dihidupkan maka tidak akan hidup. Kejadian mesin mogok memang bisa menunjukan banyak hal.
Jika ada kerusakan di bagian injektor khususnya maka kalian perlu mengecek apakah bensin sampai keruang bakar. Untuk pengecekan bisa dilakukan dengan membuka busi, jika busi kering maka sistem bahan bakar memang bermasalah. Tapi jika masalahnya ada pada busi harusnya elektroda busi basah.
Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Motor Injeksi Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂