Cara Merawat Rantai Motor - Sebuah rantai merupakan suatu komponen terpenting bagi kendaraan khususnya pada sepeda motor yang digunakan untuk menyelaraskan perputaran sebuag gear penggerak yang berasal dari mesin untuk memutar gear yang ada pada roda belakang.
Sebuah rantai ini merupakan bagian yang menghubungkan mesin dan roda pada sebuah motor. Setiap bagian mesin atau komponen mesin pastinya memiliki masalah yang timbul untuk sebuah rantai yang sering ditemukan.
Masalah oleh para pengendara roda dua pada umumnya yakni muncul masalah tersebut kelalaian pada perawatan rantai motor yang kurang dipahami oleh pengguna kendaraan roda dua tersebut.
Cara Merawat Rantai Motor
Nah disini akan menjelaskan bagaimana cara merawat sebuah rantai agar selalu awet dan tahan lama yang bertujuan untuk menunjang prforma motor agar selalu prima serta memberikan rasa selalu aman yang nyaman pada saat dikendarai. Ada beberapa cara merawat sebuah rantai agar selalu awet dan tahan lama yaitu sebagai berikut :
Sebuah Rantai Harus Memiliki Pelumas
Sebuah rantai yang kondisinya kering dan tercemar kotoran sangat sekali berpotensi dapat mengakibatkan tergesurnya lapisan gear yang secara cepat dan mengakibatkan gear lebih cepat habis. Untuk penggunaan pelumas sebuah rantai motor diharuskan untuk mengurangi gesekan tersebut dan juga dapat menghilangkan bunyi gesekan yang dapat mengganggu yang biasa timbul ketika rantai dalam kondisi kering dan kotor.
Hal ini biasanya ada beberapa sebagian orang menggunakan chain lube yang dapat membersihkan kotoran yang menempel / melekat pada sebuah rantai dan gear tersebut. Dengan cara ini lumyan efektif untuk kebersihan sebuah rantai.
Dan sebagian orang juga ada yang menggunakan oli mesin yang dapat dipercaya lebih baik dalam sisi awetnya pelumas, dikarenakan tidak perlu mengharuskan untuk diaplikasikan berulang kali ke rantai seperti halnya chain lube.
Tapi penggunaan oli mesin dibaik dianjurkan untuk menggunakan oli mesin yang baru, karena oli baru masih bersih dari kandungan besi tidak seperti oli bekas yang biasanya sudah terkandung geram ( besi sisa keausan mesin motor ) dan malah menggerus permukaan gear dan rantai yang lebih cepat.
Mengatur Kerenggangan Sebuah Rantai Secara Pas
Pada sebuah rantai yang terlalu kencang/tegang atau juga terlalu menggantung/kendur hal ini juga mempunyai dampak yang sangat kurang baik bagi sebuah rantai dan gear tersebut. Jika rantai terlalu kencang juga bisa mengakibatkan sebuah rantai mengalami putus.
Dan apabila sebuah rantai terlalu kendur hal ini bisa mengakibatkan lepasnya sebuah rantai dari gearnya serta dapat memungkinkan terlilitnya sebuah rantai pada tromol ban yang ujungnya berakibat fatal.
Dianjurkan untuk menentukan tingkat kerenggangan dari sebuah rantai dengan jarak ayunan sebuah rantai ini pada perbedaan posisi sekitar 0,5 cm – 1 cm. untuk jarak ayunan sebuah rantai yang ada akan sangat membantu sebuah rantai tersebut untuk lebih mudah dan pas pada gear dengan begitu sebuah rantai bisa dapat menyesuaikan gerakan dengan secara otomatis.
Menentukan Sejajar Antara Gear Depan Dan Belakang
Posisi gear depan dan gear belakang yang kurang sejajar pun dapat mempengaruhi penggunaan sebuah ratai motor. Untuk pengaplikasikan gear pada motopr diharuskan menempel dengan sempurna dan disesuaikannya bosh atau karet perdam getar yang sesuai agar gear dapat menjadi jalur rantai yang baik saat bekerja.
Dengan lurusnya posisi antara gear hal ini sangat membantu sebuah rantai untuk dapat bergerak secara benar pada jalurnya sehingga masa pakainya pun bisa lebih awet untuk penambahan bosh pasa besi sumbu roda bisa dijadikan salah satu cara untuk mensejajarkan posisi kedua gear.
Dapat Memperhalus Saat Perindahan Tranmisi
Untuk hal ini tergantung dari pengguna pengendaranya atau tiap indivindu tetpi dari perbedaan dianjurkan untuk dapat memperhalus saat memindah tranmisi agar dapat mengurangi hentakan yang terjadi pada sebuah rantai dan gear. Dengan terjadinya proses tersebut perpindahan tranmisi yang halus berarti juga dapat mengurangi tekanan yang diterima oleh gear dan sebuah rantai.
Walaupun hal ini dianggap wajar karena proses yang terjadi normal apa adanya tetapi hal tersebut sekaligus mengajari juga bagaimana cara berkendara yang secara professional cara ini bisa dipakai dengan syarat kondisi fungsi kopling yang normal jadi kita bisa mengoptimalkan hubungan antara kedua bagian motor tersebut.
Menggunakan Sparepart Dengan Yang Asli Dan Berkualitas
Ketahanan dan keawetan suatu part yang dipakai atau digunakan memang diukur dari cara penggunaan bahan part yang berkualitas nomer satu dan yang asli. Agar mendapat kepuasan pemakaian memang diharuskan menggunakan part tersebut pabrikan yang memang dibuat sesuai dengan motornya.
Tapi bukan berarti barang imitasi / kw tidak dapat digunakan secara maksimal berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan sparepart yang berkualitas dengan biaya yang minim. Dengan cara membeli set gear secara terpisah ataupun dengan memberikan lapisan tambahan baja atau dengan disepuh pada gear yang bisa dapatkan dari pandai besi kedua car tersebut ditujukan agar kemampuan barang imitasi tersebut dapat mampu menyamai yang kualitas dengan barang yang asli.
Dengan beberapa poin diatas bisa diterapkan sehari-hari agar mendapatkan peforma optimal serta rasa aman dan nyaman dalam proses bekerjanya sebuah rantai pada saat dikendarai. Selalu member perhatian yang khusus pada bagian-bagian motor yang memiliki masa pemakaian yang lebih singkat dari pada bagian yang lain agar lebih awal mengantisipasi masalah yang terjadi pada motor anda.
Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Rantai Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂