√ Cara Mengatur Mur Dan Baut Persneling Motor,,, Yuk Simak

Posted on

Cara Mengatur Mur Dan Baut Persneling Motor - Untuk tips kali ini yang akan kami bagikan ialah bagaimana cara mengatur baut dan mur persneling motor atau kopling semi otomatis sepeda motor bebek. Untuk cara ini bisa kalian aplikasikan pada berbagai jenis motor bebek dengan kopling semi otomatis.

Untuk perlu diketahui kopling ialah salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan atau memindahkan dan memutuskan tenaga putar mesin dari komponen gigi transmisi pada mesin motor sebelumnya ke transmisi selanjutnya.

Cara Mengatur Mur Dan Baut Persneling Motor,,, Yuk Simak

Hal ini bertujuan untuk menggerakan rantai roda sehingga sepeda motor dapat berjalan. Agar motor dapat berjalan kalian harus memasukan atau menginjak persneling, saat kalian mulai menginjak persneling berarti kalian memutuskan hubungan mesin dengan transmisi setelah terasa bunyi klek berarti gigi transmisi masuk atau bertambah saat kalian lepaskan injakan itu artinya menghubungkan komponen mesin motor dengan transmisi.

Jenis kopling ini merupakan kopling semi otomatis soalnya masih ada jenis kopling manual dan otomatis. Kopling harus mampu memutuskan dan menghubungkan mesin dengan transmisi secara lembut dan nyaman, pasalnya sering terjadi masalah susah, kasar, terjadi hentakan bahkan bisa-bisa tenaga menjadi berkurang atau hilang lantaran kopling tidak meneruskan tenaga dengan baik.

Cara Mengatur Mur Dan Baut Persneling Motor

Jika kalian mengalami hal tersebut jangan langsung asal ganti kopling periksa dulu kopling kalian sebelum memutuskan untuk menggantinya. Periksa atau setel kopling terlebih dahulu siapa tahu setelan komponen motor kopling tidak beres, tidak usah bingung bagaimana cara menyetelnya, simak tips berikut ini dengan baik.

Baca Juga :  √ 5 Penyebab Motor Supra Susah Masuk Gigi Serta Cara Mengatasinya,, Yuk Simak

  • Siapkan peralatan, cukup dengan kunci ring 14 dan obeng (-).
  • Posisikan motor pada standar tengah atau utama.
  • Kendorkan mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring 14 sampai kendor.
  • Putar baut penyetelan dengan obeng (-) ke arah kanan “searah jarum jam” sampai terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kea rah kiri “berlawanan arah jarum jam” hingga mentok terasa ada sentuhan” dan berhenti, selanjutnya putar kembali kea rah kanan “searah jarum jam” sebanyak 1/8-1/4 putaran.
  • Kencangkan kembali mur pengunci dengan kunci ring 14 sambil menahan baut penyetel dengan obeng (-) agar baut penyetel tidak ikut berputar, selesai sudah menyetel kopling sepeda motor bebek.

Jangan puas dulu periksa hasil penyetelan kalian dengan menghidupkan mesin, memasukan atau injak persneling di gigi 1 dan tahan, lalu putar gas hingga seperempat putaran “2000” rpm, perhitungan roda belakang kalian tetap diam atau terus berputar ?? kalau diam itu artinya kalian berhasil menyetel kopling sepeda motor.

Jika terus berputar itu artinya penyetelan belum tepat, silahkan lakukan penyetelan ulang seperti langkah-langkah diatas, lakukan tes jalan dengan memindahkan persneling berulang-ulang perpindahan gigi harus terasa lembut dan tidak menghentak.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatur Mur Dan Baut Persneling Motor,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

[su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya” open=”yes” style=”simple”]

Baca Juga :  Injeksi Vario 125 Bermasalah,,?? Terasa Nyendat-Nyendat,,Inilah Solusinya

[/su_spoiler]