√ [Paling Mudah] Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve

Posted on

Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve - Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara setting karburator dari Throttle valve, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasannya dibawah ini.

[Paling Mudah] Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve “Wajib Baca”

Karburator ialah bagian terpenting dari sepeda motor, hampir semua sepeda motor menggunakan karburator karena umumnya sepeda motor menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Karena itu karburator yang baik harus mampu membuat gas yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Untuk mendapatkan pembakaran sempurna di butuhkan perbandingan mesin dan udara dalam pencampuran gas, menurut teoritis ialah 1:15 artinya 1 gram bensin di campur dengan 15 gram udara. Bila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 misal 1:18 dikatakan campuran miskin 1:12 di katakan campuran kaya. Karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara.

Settingan karburator bukan Cuma bermain di spuyer dan jarum skep bisa juga dari throttle valve alias skep yang penting disetel sesuai keinginan maksudnya mau settingan kaya bahan bakar atau miskin sekalian ya,,sepiring berdua deh kan miskin.

Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve

Semuanya tergantung yang namanya needle tape angle bahasa gaulnya disebut sudut keruncingan skep, semakin sempit sudut skep semakin banyak bahan bakar yang masuk sebaliknya makin lebar sudutnya kian miskin bahan bakar yang dipasok.

Makanya tiap sudut throttle valve motor berbeda misal kaze lebih sempit disbanding supra ini berpengaruh dengan akselerasi sudutnya sempit akselerasi baik, untuk motor balap pun sudutnya sempit risikonya bensin lebih boros, aplikasi untuk harian pun nggak haram.

Cuma sebaiknya piston skep orsi dilepas saja ganti dengan yang imitasi dan seukuran harganya pun relative terjangkau sekitar Rp 20.000, coba deh ukur derajat kemiringan pakai busur nanti bisa mematok berapa derajat yang mesti dipangkas ingat kan semakin angka derajat semakin besar bahan bakar yang dibutuhkan berarti sudutnya besar.

Sebenarnya ada data yang jelas dari desain pabrik sebatas mata toleransi sudut yang mau diubah ini rahasia bro soalnya sudah menyangkut desain produksi tapi misalkan kaze sudut standarnya 150 bisa diubah jadi 450.

Berarti untuk motor lain bisa dipakai 2 sampai 3 kali lipat dari derajat standar kalau sudah sesuai keinginan tinggal di bubut, bubut bagian coakan.

Demikianlah pembahasan mengenai [Paling Mudah] Cara Setting Karburator Dari Throttle Valve semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂