Fungsi Dan Bahan Pembuat Rangka Motor

Posted on

Fungsi Dan Bahan Pembuat Rangka Motor - Rangka tidak hanya melayani penyaluran tenaga dari mesin ke komponen lain dari kendaraan tetapi juga berfungsi untuk tempat duduk pengemudi untuk pengendara dan bagasi.

Rangka juga fungsi utama dari sepeda motor dimana menghubungkan roda depan dan roda belakang melalui kemudi dan mekanisme suspensi.

Rangka mempunyai peranan khusus yaitu menghubungkan garpu depan melalui bagian dudukan bearing ( depan kemudi ) dari rangka dan menerima gaya reaksi dari roda depan.

Rangka menghubungkan lengan kemudi melalui poros lengan ayun dibagian tengah rangka dan menahan gaya reaksi dari roda belakang, bersama dengan absorber belakang.

Klasifikasi Dan Model

Terdapat berbagai jenis rangka tergantung bahan, konstruksi dan bentuknya.

Klasifikasi berdasarkan jenis bahan/material

  • Rangka pipa baja ( steel tube frames )
    Komponen utama dari rangka dibuat dari pipa baja dengan pipa baja ini dapat dibuat sebuah konstruksi rangka yang besar walaupun diameternya relatif kecil sehingga mempunyai kelebihan dalam dinamika strukturnya.
  • Rangka lembaran baja ( steel metal frames )
    Rangka ini dirancang dengan lembaran baja yang ditekan untuk membuat komponen bagian kiri dan kanan dan di las bersama membentuk bagian yang tipis melalui bagian permukaan yang menyilang biasanya beberapa pelat penguat ditambahkan pada bagian dimana terjadi pemusatan tekanan atau ditempat-tempat tertentu dimana terjadi perubahan ketebalan pelat fungsinya adalah untuk memperkuat konstruksi secara keseluruhan.
  • Rangka aluminium
    Rangka ini terbuat dari komponen aluminium tuang ( casting ), tempa ( forging ), gulung ( rolling ) atau gulungan baja ( steel rolling ) yang dilas membentuk rangka. Beberapa diantaranya dibuat melalui proses cetakan yang karena dapat dibuat berbagai macam bentuk / sudut bisa dipakai untuk konstruksi yang rumit atau bisa juga terbuat dari butir-butir pasir tuangan yang dibentuk menjadi sebuah rangka.
  • Rangka yang terbuat dari aluminium lebih ringan dan kaku aluminium dapat diproses untuk menambah daya tahan dan bentuknya dapat dibuat semenarik mungkin karena kelebihannya inilah maka aluminium sekarang banyak dipakai untuk sepeda motor.
Baca Juga :  Cara Kerja Karburator Motor Beserta Fungsinya "Paling Lengkap"

Klasifikasi Berdasarkan Bentuk Rangka

  • Rangka berbentuk cradle
    Dengan rangka seperti ini, mesin disangga didalam rangka.
    Rangka ini sendiri mempunyai kekuatan tarik dan kekakuan yang relatif tinggi sehingga banyak motor balap yang mempunyai beban berat menggunakan rangka tipe ini. Rangka double cradle mempunyai dua buah pipa yang sejajar yang bermuara dipusat kemudi sementara pada semi double cradle terdapat sepotong pipa dari arah kemudi yang ujungnya bercabang dua.
  • Rangka berbentuk berlian
    Pada rangka ini bagian penyangga mesin sebelah bawah dihilangkan untuk mendapatkan kekuatan dan kekakuannya, rangka ini menggunakan mesin sebagai bagian dari rangka komponen dibagian bawah dihilangkan agar rangka menjadi lebih ringan dan banyak sepeda motor balap menggunakan rangka ini. Dibeberapa tipe sepeda motor mesin diletakkan pada posisi utama pipa dibawah tangki bensin dan tidak mempunyai pipa bawah. Model ini juga disebut rangka berlian bagian menyilang dari pipa utama mempunyai bentuk bervariasi tetapi secara umum berbentuk kotak dan kadang-kadang disebut rangka kotak.
  • Rangka backbone
    Rangka model ini juga disebut rangka bertulang punggung bagian penyokong mesin seluruhnya dihilangkan dan bagian tulang yang berbentuk seperti punggung tadi memanjang dari pusat kemudi sampai ke bagian belakang sepeda motor. Pipa baja kadang-kadang digunakan untuk bahan ini tetapi banyak juga rangka backbone ini dibuat dari plat baja yang dibentuk dengan pres ( ditekan ). Proses pembuatannya sangat mudah dan cocok untuk dibuat secara massal diperlukan suatu bentuk penampang menyilang yang tepat karena seluruh beban tarik, getaran maupun lainnya bertumpu dibagian backbone ini saat ini bentuk rangka seperti ini kebanyakan dipergunakan untuk motor-motor kelas bisnis.
  • Rangka underbone
    Rangka model ini banyak digunakan untuk sepeda motor keluarga.
    Untuk kenyamanan pengemudi, ruangan terbatas antara pusat kemudi dengan tempat duduk, memungkinkan adanya aliran udara, tidak seperti pada rangka backbone. Mesin menggantung dibawah rangka sehingga pada saat akan mempertimbangkan penempatan komponen atau alat-alat kelistrikan tambahan, ketinggiannya terbatas, sehingga kadang-kadang menimbulkan masalah dalam perancangannya.Fungsi Dan Bahan Pembuat Rangka Motor
Baca Juga :  Cdi Motor : Fungsi, Komponen Dan Jenis-Jenisnya

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Dan Bahan Pembuat Rangka Motor “Untuk Di Ketahui” semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂