Oli Mesin Berubah Bentuk Jadi Putih - Dalam hal ini kondisi lagi musim hujan dan pastinya membanjiri jalan yang dilalui kendaraan, dan banyak khususnya sepeda motor yang terpaksa harus melewati genangan air di jalan raya tersebut.
Menerjang genangan air yang lebih tinggi dari mesin motor sangat beresiko air masuk ke mesin dan akhirnya bercampur dengan oli selanjutnya oli akan berubah menjadi putih yang dikarenakan bercampur dengan air.
Oli mesin yang sudah menjadi putih sangat berbahaya sekali untuk mesin karena fungsi pelumasan berubah menjadi perusak komponen di dalam mesin. Lalu apa saja sih fungsi oli di dalam mesin itu..??
Daftar Isi
Fungsi Oli Di Dalam Mesin
Adapun untuk oli didalam mesin yang diantaranya yaitu:
- Anti Gesek “Anti Friction Effect”
Untuk fungsi yang pertama yakni anti gesek, jika dua benda bergerak saling berhubungan, permukaan yang berhubungan akan terjadi gesekan. Untuk dapat mengurangi gesekan ini maka diperlukan lapisan oli pada permukaan singgung yang saling bergesekan sehingga benda bergesekan tidak rusak dan aus. - Pendingin “Cooling Effect”
Gesekan akan menimbulkan panas, seperti halnya piston dan cylinder dalam melakukaan pembakaran akan timbul panas, untuk itu oli akan mendinginkan panas yang timbul dan oli yang telah panas akan didinginkan dipenampungan oli dan kemudian di pakai sebagai pendingin mesin. - Perapat “Sealing Effect”
Perapat kompresi di dalam cylinder dilakukan oleh ring piston yang terpasang pada piston dan oli yang mengalir di dinding cylinder dan ring piston akan menjadi “sealing/perapat” yang bagus antara piston dan cylinder sehingga kebocoran kompresi dapat dikurangi. Hal ini sering dilakukan oleh para mekanik untuk mengakalin jika ada motor mogok karena kompresi berkurang, oli dimasukkan lewat lubang busi yang bertujuan kompresi bisa normal kembali. - Bantalan “Buffer Effect”
Ball bearings, roller bearings dan gears yang menopang tekanan beart dipusatkan pada titik tertentu, begitu juga dengan connecting rod menerima pukulan yang cukup berat pada pin piston dan ujung pin crank, jika komponen-komponen ini menerima pukulan yang berulang-ulang akan terjadi kelelahan logam. Dengan adanya pelumasan oli “bantalan” maka akan memperluas bidang tekanan sehingga mengurangi beban tekan per unit komponen dan meratakan pukulan. - Anti Karat “Rust-Inhibiting Effect”
Oli membentuk lapisan tipis untuk menjaga permukaan logam dari udara, air dan gas yang membuat karat. - Pembersih “Cleaning Effect”
Tekanan oli dari pompa oli mengalir kemesin dan membawa debu-debu logam, untuk pelumasan ini diperlukan filter oli untuk menyaring kotoran yang terbawa oli sehingga dapat dijaga kebersihannya.
Penyebab Oli Menjadi Putih
Nah dari ke enam fungsi oli diatas jika oli berubah menjadi putih justru fungsinya akan saling berkebalikan yang mengakibatkan komponen part di dalam mesin tersebut akan menjadi aus dan mesin bisa rusak parah. Nah lalu apa penyebab oli menjadi putih,,??
Oli Mesin Bercampur Dengan Air Radiator
Kenapa air radiator bisa bercampur dengan oli mesin ?? fungsi air radiator ialah menstabilkan kondisi suhu di mesin terutama mesin bagian atas, air radiator mengalir di dalam cylinder. Cylinder head serta berputar ke radiator. Nah di dalam cylinder dan cylinder head ini juga terdapat oli mesin, karena dua komponen ini beda fungsi dan tidak dapat disatukan maka ada pemisah diantara keduanya misalnya di cylinder dan cylinder head terdapat paking serta dipompa radiatornya ada seal yang dimana berguna agar air radiator tidak bercampur dengan oli.
Oleh karena itu kita harus waspada jika ada semacam bekas bercak putih di sekitar gasket karena biasanya ada kebocoran dari gasket. Bagian seal pompa radiator pun juga rawan bocor biasanya ditandai dengan air radiator yang cepat habis, jika air radiator cepat habis maka perlu dicek pertama kali ialah kondisi oli mesin, jika oli mesin berwarna kehijauan campur putih kehitaman maka pertanda air radiator bercampur oli.
Oli Mesin Bercampur Dengan Air
Banyak faktor penyebab oli mesin bercampur dengan oli mesin, seperti ketika kita menerjang banjir yang tinggi kemudian air masuk ke ruang filter udara kemudian air masuk ke mesin lewat selang ventilasi mesin. Air juga bisa masuk dari lubang ventilasi mesin yang sudah bocor, biasanya lubang ventilasi ini terbuat dari karet sehingga jika sudah uzur akan menjadi getas dan bocor. Air juga bisa masuk lewat seal atau gasket-gasket yang sudah bocor.
Yang Harus Dilakukan Ketika Motor Sudah Terlanjur Putih
Apa yang harus dilakukan ketika motor kita sudah terlanjur putih yang diantaranya yaitu:
- Usahakan motor jangan dinyalakan lagi jika sudah terindikasi oli putih karena jika motor kita hidupkan terus maka komponen di dalam mesin beresiko aus.
- Yang selanjutnya dengan menguras oli di motor tersebut dengan membuka baut pembuangan oli ke wadah yang sudah disiapkan.
- Kemudian periksa juga penyebab oli mesin bisa jadi putih apakah dari radiator atau air kebanjiran.
- Di pastikan penyebab oli putih sudah terpecahkan, jika sudah ditangani penyebabnya dan jika suara mesin masih halus maka mesin tidak perlu dibongkar total cukup dengan kuras olinya saja, dan mengganti oli dengan yang baru.
- Dan jika motor sudah terlanjur kasar maka mau tidak mau harus turun mesin.
Demikianlah pembahasan mengenai Oli Mesin Berubah Bentuk Jadi Putih semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂